Rabu, 10 Oktober 2012

PT MNC Batal Bongkar Portal Lokasi Tambang desa Wiromartan.

10/ 10/ 2012.
Kebumen - Rencana pembongkaran portal jalan dan penataan camp PT Mitra Niagatama Cemerlang (MNC) perusahaan tambang pasir besi di wilayah desa Wiromartan kecamatan Ambal kabupaten Kebumen Jawa Tengah batal dilakukan hari ini (10/10/2012).
Warga bersama 13 desa yang tergabung dalam Urut Sewu Bersatu ini melakukan pendudukan secara spontanitas. Jumlah warga diperkirakan sekitar 500 orang yang terdiri dari petani, perempuan dan pemuda.

Aksi hanya dijaga oleh petugas berpakaian bebas. Sedangkan PT MNC tidak tampak dilokasi portal yang akan dibongkar.
Sebelumnya warga dari 3 kecamatan yaitu Bulus pesantren, Ambal dan Mirit menolak dilakukannya kembali aktifitas penambangan pasir besi yang dilakukan PT MNC.
Warga juga akan mengancam memasang portal yang lebih rendah jika PT MNC berani membongkar portal yang sudah dipasang warga lebih dahulu.
Wirosunu kordinator Urut Sewu Bersatu mengatakan "Sudah dua hari PT MNC melakukan penataan dan beres-beres alat berat setelah sudah hampir 2 tahun camp tersebut kosong."

Dengan adanya orang perusahaan yang merapikan ada indikasi bahwa akan diadakan kembali penambangan pasir besi ditengah ladang milik warga.
Tahun lalu, PT MNC sudah mengambil sampling pasir besi sebanyak 30 truk sehingga warga pun marah karena belum ada persetujuan dari warga sekitar.
Menurut Sunu, "warga kembali akan berjaga jika PT MNC akan kembali datang. Tak segan warga mempersiapkan dengan apapun taruhannya".


''Sumber: Jatamnas/10/10/2012.




(Bihis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar